Posted by: NAFLA | December 24, 2009

Dahlan Iskan Terpilih Sebagai DIRUT PLN

Dahlan Iskan Terpilih Sebagai DIRUT PLN (opiniku)

Suatu hal yang menarik memang, ketika pada pemilihan DIRUT PLN yang akhirnya terpilihlah seorang DAHLAN ISKAN sebagai DIRUT PLN. Menarik karena beberapa minggu yang lalu beliau (Dahlan Iskan) memberikan sebuah komentar atau pernyataan yang “pedas” kepada PLN mengenai PLTG yang “salah makan” karena PLTG yang seharusnya diberi bahan bakar GAS ternyata selama ini oleh PLN diberi bahan bakar SOLAR, sehingga hampir tiap tahun merugikan negara sebesar 10 trilyun per tahun. Tahun 2008 saja PLN harus mengemis meminta subsidi kepada Menteri Keuangan sebesar 60 trilyun. Bayangkan uang sebanyak 10 trilyun itu tiap tahun menguap begitu saja hanya karena “salah makan” PLN terhadap PLTG-nya. Bukankah Indonesia adalah negara pengekspor GAS..??lalu kenapa “sulit” mendapatkan GAS..??hingga PLTG yang seharusnya diberi makan GAS malah diberi makan SOLAR yang harganya jauh lebih mahal..?? (baca selengkapnya JAWAPOS edisi 17 dan 18 November 2009).
Hal yang menarik lagi adalah pernyataan Dahlan Iskan bahwa siapapun yang terpilih sebagai DIRUT PLN nantinya juga akan kesulitan untuk mengatasi permasalahan tersebut kecuali diberi “payung” hukum untuk mengubahnya. Dan jika hal itu dapat dilakukan, maka uang sebesar 10 trilyun yang menguap tiap tahun karena “salah makan” PLN dapat diselamatkan.
Terpilihnya Dahlan Iskan sebagai DIRUT PLN memang memunculkan pro dan kontra dan hal itu adalah wajar adanya. Akan tetapi menurut saya yang penting adalah mari kita dukung dan kita kawal DIRUT PLN serta Jajaran Direksinya yang baru agar mendapatkan payung hukum yang jelas untuk mengubah sistem yang lama agar uang sebesar trilyunan yang menguap tiap tahun bisa diselamatkan dan tentunya dapat dipergunakan untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. Yang ke depannya nanti sudah tidak ada lagi pemadaman – pemadaman listrik hanya karena PLN “kurang tenaga” serta desa – desa yang jauh tertinggal juga dapat segera mendapatkan aliran listrik yang memadai. Sukses buat DIRUT dan Direksi PLN yang baru.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: