Posted by: NAFLA | August 10, 2009

REFLEKSI HARI KEMERDEKAAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA YANG KE-64

soekarno-hattaMEMPERINGATI HARI KEMERDEKAAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA YANG KE-64

Tahun 2009 ini, tepatnya tanggal 17 agustus 2009 nanti merupakan hari kemerdekaan bagi bangsa indonesia yang ke-64 tahun dari kolonialisme dan Imperialisme nyata selama lebih dari tiga setengah (3,5) abad lamanya. Di tahun 2009 ini pula bangsa indonesia telah menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar yaitu Pemilu Legislatif serta PilPres 2009 yang telah dapat dilaksanakan dengan aman dan damai, walaupun masih ada kecurangan – kecurangan dalam Pemilu kemarin baik sebelum dan waktu serta setelah pemilu berlangsung. Hal ini tentunya menjadi tanggung jawab sepenuhnya KPU serta semua komponen yang terkait untuk segera dapat menyelesaikan semua permasalahan yang ada, agar pada peringatan 17 Agustus nanti, kita rakyat serta bangsa indonesia dapat memperingati serta menghayati apa sebenarnya makna yang terkandung dalam Proklamasai Kemerdekaan yang telah di deklarasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 oleh Soekarno Hatta.
Bangsa indonesia sudah berusia 64 tahun, sebuah usia yang cukup tua tetapi tetap tangguh dan gagah perkasa laksana Sang Garuda yang tetap terus terbang tinggi di angkasa meskipun hujan dan badai kerap datang menghampirinya. Bangsa indonesia merupakan bangsa yang besar, bangsa yang cerdas. Dari sabang sampai merauke terhampar luas kekayaan alam yang luar biasa, yang seharusnya benar – benar dapat dimanfaatkan untuk mensejahterakan serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan seluruh rakyat indonesia sesuai dengan apa yang telah di gariskan dan dicita – citakan dalam UUD 1945.
Sungguh ironi sebenarnya potret bangsa indonesia yang semakin menapaki usia yang seharusnya semakin matang dan dewasa, namun pada kenyataannya masih jauh dari harapan seluruh rakyat indonesia khususnya harapan serta impian para Pahlawan yang telah gugur dalam rangka merebut kemerdekaan bangsa indonesia dari tangan Penjajah. Sungguh…bukankah tugas kita itu mempertahankan serta mengisi kemerdekaan bangsa ini sesuai dengan cita – cita para pahlawan..?? Akan tetapi apa sebenarnya yang telah kita lakukan atau lebih tepatnya apa yang telah berikan untuk bangsa indonesia yang tercinta ini..? Mari kita lihat jauh dalam diri kita masing – masing, apakah sudah benar langkah yang kita lakukan atau malah justru langkah kita ini yang semakin mencoreng nama besar bangsa indonesia di mata dunia.
Kemerdekaan dari Penjajah memang sudah kita rebut dengan juta-an nyawa telah gugur hanya untuk merebut kemerdekaan bangsa indonesia ini, tak terhitung harta benda yang telah disumbangkan oleh para Pahlawan hanya untuk cita – cita suci yaitu Merdeka. Bukan hanya tetesan darah, tetapi aliran darah para pahlawan bangsa indonesia dari Sabang sampai Merauke hanya untuk merebut kemerdekaan ini. Lalu apa sebenarnya yang telah kita berikan untuk bangsa ini..? atau bahkan mungkin kita sendiri yang membuat bangsa ini semakin terpecah belah..? Sungguh ironi, wahai para pemimpin bangsa indonesia yang sedang duduk di singgasana pemerintahan, mau engkau kemanakan tujuan mulia bangsa indonesia yang jelas – jelas telah digariskan dalam UUD 1945..?
Kita memang tidak bisa hidup kalau hanya melihat masa lalu tanpa menatap masa depan, akan tetapi tanpa masa lalu, kita juga tidak akan bisa hidup seperti sekarang ini. Sudah lupakah engkau dengan para Pahlawan.? Masih ingatkah engkau akan tujuan mulia para Pahlawan.? Di usia yang ke-64 tahun ini, bangsa indonesia seharusnya sudah mampu menjadi bangsa yang besar dan tidak dipandang sebelah mata oleh dunia, seharusnya menjadi bangsa yang benar – benar bisa merealisasikan cita – cita para pendiri bangsa ini.
Peringatan hari kemerdekaan tanggal 17 Agustus nanti sebenarnya bertepatan dengan awal datangnya bulan suci Ramadhan yang insya allah akan jatuh  pada tanggal 22 Agustus. Banyak sekali peristiwa besar yang terjadi pada tahun ini. Mari kita jadikan bangsa indonesia yang telah berusia 64 tahun inI menjadi bangsa yang besar, yang berkembang, yang bermartabat, yang benar – benar disegani, dihormati serta tidak di pandang sebelah mata oleh bangsa – bangsa di dunia. Seperti pada masa Bung karno, yang mana bangsa indonesia benar – benar menjadi bangsa yang disegani, dihormati dan bahkan ditakuti oleh negara – negara di dunia. Bersamaan dengan datangnya bulan suci Ramadhan tahun ini yang bertepatan dengan hari kemerdekaan bagi bangsa indonesia, mari kita kembali pada fitrah kita masing – masing, kita singsingkan lengan baju, bersama – sama kita bangun kembali bangsa indonesia dari Sabang sampai Merauke, tanpa harus membedakan suku, agama, RAS atau golongan, demi cita- cita suci bangsa indonesia, juga di bulan yang suci Ramadhan ini kita rapatkan barisan dan kembali berikrar bahwa “Kami rakyat bangsa indonesia bertumpah darah satu, berbangsa satu serta berbahasa satu, Indonesia dan selama darah kami masih merah dan tulang kami masih putih, hanya satu yang kami junjung tinggi yaitu NKRI”. Selamat hari kemerdekaan yang ke-64 bagimu bangsa indonesiaku,


Responses

  1. Ya, tanpa terasa negara kita ini sudah hampir 64 tahun berada dalam alam yang merdeka. setiap tahun pula kita selalu memperingatinya. namun, bangsa ini tidak sekedar rutinitas semata. negeri ini mendambakan kemerdekaan yang seutuhnya. merdeka bukan sekedar dalam arti lahiriah, tetapi jauh lebih dalam daripada itu. kita semua bertanggung jawab untuk mewujudkannya. sebab di tangan kita lah masa depan bangsa ini dipertaruhkan!
    Membuat Website


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: