Posted by: NAFLA | June 23, 2009

PRO dan KONTRA PEMILU IRAN

tehran230409PRO KONTRA HASIL PEMILU IRAN (opiniku)

Pemilu Iran sudah berakhir dengan kemenangan telak ada pada kubu Presiden terpilih Mahmoud Ahmadinejad dengan 63% suara, mengalahkan calon kandidat dari reformis Mir Hossein Mousavi yang hanya memperoleh 34% suara. Dengan perbedaan perolehan suara yang sangat besar membuat kubu Mousavi dan Karoubi menyatakan bahwa ada kecurangan yang terjadi terutama menjelang pemilu. Kubu Mousavi melancarkan protes keras serta menolak hasil perhitungan suara serta menuntut agar diadakan pemilu ulangan daripada diadakan perhitungan ulang. Bahkan Mousavi mengajak para pendukungnya untuk turun ke jalan guna memprotes hasil pemilu yang menurut mereka jelas -jelas penuh dengan kecurangan. Dengan adanya demontrasi besar – besaran yang dilakukan oleh para pendukung Mousavi dan Karoubi yang intinya menolak hasil pemilu, membuat suasana di Iran semakin tegang, kerusuhan terjadi dimana – mana, bahkan terjadi bentrokan antara Polisi huru – hara dengan para demonstran pendukung Mousavi yang mengakibatkan korban jiwa dan luka – luka terutama dari para demonstran. Menangggapi hal tersebut, pemimpin tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamanei meminta Mousavi untuk meneruskan gugatan secara damai dan legal.
Selanjutnya pihak mousavi dan Karoubi akan mengajukan banding ke Dewan Garda, yang merupakan Badan Legislatif tertinggi di Iran untuk membatalkan hasil pemilihan umum serta digelarnya pemilu ulang. Namun demikian pihak Mousavi dan Karoubi mengaku pesimistis dengan keputusan yang akan dikeluarkan oleh Dewan Garda Iran tersebut.
Protes keras terhadap hasil pemilu Iran membuat anggota negara – negara Uni Eropa ikut- ikutan mengkritik dan mungkin juga ingin memperkeruh keadaan di negara Iran, dimana kebanyakan negara – negara uni eropa tersebut memang dari dulu tidak sepaham dengan kepemimpinan Presiden terpilih Iran Mahmoud Ahmadinejad. Pernyataan beberapa negara uni eropa tersebut berbeda dengan pernyataan yang disampaikan oleh Kementrian Luar negeri Rusia ayng mendukung sepenuhnya hasil resmi pemilu presiden di Iran, sedangkan mengenai sengketa yang terjadi adalah merupaka masalah dalam negeri Iran, dan hendaknya diselesaikan secara konstitusi dan hukum yang berlaku di negara Iran. Hal senada juga disampaikan oleh presiden Venezuela Hugo Chavez yang mengatakan bahwa dunia harus menghormati Iran dan kemenangan yang diperoleh oleh calon Presiden Mahmoud Ahmadinejad dalam pemilu kemarin, karena ada pihak – pihak yang berupaya yang ingin melemahkan pemerintah serta revolusi Islam. “Kami menyerukan dunia untuk menghormati Iran, karena ada upaya untuk meruntuhkan kekuatan revolusi Iran,” kata Chavez dalam siaran radio dan televisi, seperti dikutip stasiun televisi Iran, Press TV, Senin (22/6/2009). Semoga PilPres indonesia 2009 yang kurang lebih 15 hari lagi akan kita gelar nanti, merupakan PilPres yang dilaksanakan dengan Adil, Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia. Sehingga hasil yang akan diperoleh adalah merupakan hasil Kemenangan Rakyat indonesia dan bukan kemenangan suatu golongan tertentu. Dan yang lebih penting lagi adalah semua pihak nanti mau berbesar hati untuk menerima hasil pemilu dengan hati yang lapang dan kepala dingin tentunya. Sehingga demonstrasi besar – besaran serta timbulnya korban jiwa seperti yang terjadi di iran tidak akan terjadi di indonesia nanti. Sukses untuk PilPres 2009.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: