Posted by: NAFLA | June 16, 2009

Ekonomi NeoLiberalisme Versus Kerakyatan

Ekonomi NeoLiberalisme atau Ekonomi Kerakyatan

Sebuah pembahasan yang menarik menjelang Pilpres 2009 mengenai sebuah sistem ekonomi yang akan diterapkan pada bangsa indonesia oleh para pemenang PilPres 2009 ini. Keadaan atau situasi dan kondisi perekonomian suatu bangsa memang akan selalu berhubungan erat dengan situasi serta kondisi politik di negara tersebut. Hal inilah yang sekarang sedang memanas dan menjadi sebuah perdebatan yang sengit di negara kita indonesia menjelang PilPres 2009 bulan Juli nanti.
Dalam bidang ekonomi, neo liberalisme atau yang dulu kita kenal dengan istilah Kapitalisme merupakan sistem ekonomi yang menganut paham pasar bebas dan perdagangan bebas, yang mana kepentingan para investor asing atau para pemegang saham memang lebih di utamakan dari pada kepentingan rakyat
Sedangkan Ekonomi Kerakyatan merupakan sistem pembangunan ekonomi yang berbasis rakyat, konsep ekonominya lebih mementingkan rakyat melalui pengaturan oleh pemerintah
Berikut adalah kutipan dari Faisal Basri :
Konsep ekonomi Neoliberalisme berdasar dari sistem ekonomi Kapitalisme yang mengandalkan secara penuh perputaran roda ekonomi melalui mekanisme pasar bebas serta perpindahan modal secara bebas di dalam negeri maupun antar negara ( Pasar global).
Namun pada kenyataannya di negara-negara maju di Eropa, Amerika dan Asia yang berlabel kapitalis, tidaklah sepenuhnya menerapkan perekonomian dengan mekanisme pasar bebas, sebab masih ada bantuan pemerintah dalam bentuk subsidi, tunjangan dan fasilitas sosial bagi masyarakat golongan menengah kebawah, melindungi industri atau produk lokal dari persaingan dengan produk-produk import.  Pemerintah juga menguasai saham seluruhnya atau sebagian dari saham perusahaan-perusahaan yang dinilai strategis bagi kepentingan nasional atau kesejahteraan rakyat.
Sebagai lawan dari sistem ekonomi kapitalisme pasar bebas adalah sistem ekonomi dengan perencanaan yang terpusat dan modal usaha dimiliki seluruhnya oleh negara seperti yang dilakukan di negara-negara yang berideologi komunisme pada masa lalu.
Konsep ekonomi kerakyatan lebih mengedepankan kepentingan rakyat melalui pengaturan oleh pemerintah dan modal dimiliki oleh negara atau nasional untuk perusahaan-perusahaan yang dinilai strategis bagi kepentingan nasional atau kesejahteraaan rakyat. Perputaran roda ekonomi tetap saja dilakukan melalui mekanisme pasar bebas.

Kesimpulannya, tidak ada satu negara-pun yang menerapkan sepenuhnya ekonomi neoliberal atau kapitalisme pasar bebas. Sedangkan ekonomi kerakyatan merupakan jalan tengah yang lebih condong kepada kepentingan rakyat dan nasional di suatu negara.
Terus dari kedua sistem tersebut mana yang lebih baik..? neo liberalisme atau ekonomi kerakyatan yang kebablasan tentu saja akan merugikan sebuah tatanan masyarakat atau tatanan ekonomi. Karena tidak ada suatu negarapun yang murni menganut salah satu dari sistem ekonomi tersebut.
Jadi menurut hemat saya, mari kita terutama sebagai generasi muda, kita tinggkatkan SDM kita, kita tingkatkan sistem pendidikan di negara ini, kita kuasai iptek dan kita tingkatkan iman dan taqwa, agar menjadi manusia yang bermoral dan bermartabat serta kita tingkatkan strategi kita dalam pemberantasan korupsi. Sebab tanpa hal tersebut di atas, maka apapun sistem ekonomi yang kita anut / pegang hal itu akan sia – sia dan tetap rakyat-lah yan menjadi korbannya.
Selain itu, kedua sistem ekonomi itu sebenarnya sama – sama baik dan bermanfaat bagi perdagangan bebas, bagi negara dan tentunya bagi rakyat. Untuk itu mari kita satukan kedua perbedaan tersebut (karena kita memang tidak dapat dan tidak bisa menyamakan sebuah perbedaan) untuk kepentingan rakyat, bangsa dan negara agar lebih bermartabat, berkembang dan disegani serta tidak dipandang sebelah mata oleh dunia luar. Mari kita sambut sebuah sistem ekonomi baru yang berkedilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia yang akan direalisasikan oeh pemenang PilPres 2009 nanti.


Responses

  1. dah bagus mas…tinggal ningkatin visitor dan posting terus menerus…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: