Posted by: NAFLA | June 15, 2009

SEJARAH SUPRIYADI YANG “TERLUPAKAN”

(Sebuah Opini tentang “SUPRIYADI”)

Mungkin Sebuah pertanyaan yang agak aneh “Siapa yang kenal dengan Supriyadi.? dan bukannya Siapa yang tidak kenal dengan Supriyadi..?
Beliau lahir di Trenggalek tgl 13 April 1923, anak dari seorang wedana blitar bernama Darmadi.
Seorang tokoh yang menurut sejarah telah hilang usai perlawanan bangsa indonesia terhadap Jepang pada tahun 1945,  yang mana beliau melawan Tuannya sendiri (Jepang) karena tentara PETA adalah bentukan dari Jepang.
Setelah aksi pemberontakan terhadap jepang, Supriyadi benar – benar menjadi target operasi bahkan keluarganya-pun juga terancam.
Akhirnya beliau sering berpindah persembunyian mulai dari Air Terjun Sedudo di Nganjuk, kemudian pindah ke Krisik perbatasan Malang, lalu pindah lagi ke wilayah pantai Jalasutra di Blitar serta tempat – tempat lain yang masih banyak lagi.
Meskipun demikian tentara Jepang dan bahkan bangsa Indonesia sendiri juga tidak dapat menemukan keberadaan seorang Supriyadi, hingga akhirnya tahun 2008 kemarin ada beberap tokoh yang mengaku sebagai Supriyadi.
Sebuah sejarah yang terlupakan akan sosok seorang pahlawan PETA yang memimpin perlawanan terhadap penjajah Jepang di wilayah Blitar setelah kemerdekaan tahun 1945.
Sebuah pertanyaan yang besar juga tersirat dalam benak saya, ketika pada bulan Agustus 2008 muncul beberapa orang / tokoh yang mengaku sebagai “SUPRIYADI”.
Terlepas dari benar atau tidaknya para tokoh – tokoh yang mengaku sebagai Supriyadi, satu hal yang pasti bahwa beliau adalah benar – benar seorang tokoh Pahlawan dan Pejuan kemerdekaan RI.
Sejarah bangsa indonesia memang simpang siur dan terkesan ditutup – tutupi terutama pada zaman Orde Baru, bahkan jarang orang yang mengetahui bahwa Supriyadi adalah orang kepercayaan Bung Karno dan pernah di angkat menjadi Menteri serta Panglima Tentara Keamanan Rakyat pada masa Bung Karno berkuasa.
Sebagian juga ada yang mengatakan bahwa Supriyadi mendapat perintah khusus dari Bung Karno untuk melanjutkan perjuangan bangsa Indonesia sampai sekarang ini (jika Beliau masih hidup).
Kita sebagai generasi muda,penerus sejarah bangsa indonesia,mari kita lanjutkan cita – cita dan impian para pahlawan kemerdekaan bangsa indonesia.
Tanyakan dalam diri kita masing – masing, apa sebenarnya yang telah kita berikan untuk negeri tercinta indonesia ini…? atau kita hanya membuat citra bangsa indonesia semakin terpuruk di mata Dunia…?

APAKAH ANDA JUGA MENGENAL DENGAN SEORANG TOKOH SENTRAL YANG MENGAJUKAN KONSEP NEGARA REPUBLIK INDONESIA UNTUK PERTAMAKALINYA..BELIAU ADALAH..”TAN MALAKA”…?
Benarkah Tan Malaka didzolimi bangsanya sendiri..?Benarkah Tan Malaka telah dilupakan oleh sejarah..?Kenapa beliau di hukum mati..?Benarkah Tan Malaka lebih terkenal di EROPA daripada di Indonesia..?
bersambung
…Sungguh kebenaran itu hanya milik Allah swt…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: