Posted by: NAFLA | August 3, 2009

Persiapkan Diri dan Hati Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Refleksi Diri dan Hati Menyambut Bulan Suci Ramadhan
ramadhan-datang-setan-pergiSubhanallah…. Sungguh tidak terasa beberapa hari lagi kita sebagai ummat islam akan menyambut kembali datangnya bulan suci Ramadhan yang sangat di nantikan oleh sebagian besar ummat islam / muslim di seluruh dunia. Ketika usia kita terus bertambah dan jatah hidup kita yang terus berkurang, alhamdulillah kita masih diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk bertemu kembali dengan bulan Suci Ramadhan yang mulia ini, tiada henti – hentinya hamba-MU ini memuji Engkau Yang Maha Sempurna Ya…Allah.
Kesempatan….itulah yang Allah SWT berikan kepada kita untuk memperbaiki diri, meningkatkan iman dan taqwa kita, saling bersilaturrahim untuk kelimpahan rizki serta umur yang panjang, serta kesempatan bagi kita untuk benar – benar bertobat atas segala kesalahan yang akan atau sedang dan yang telah kita lakukan, Ya…Allah, seberapa besarpun kesalahan yang kita perbuat, Allah SWT pasti akan mengampuni semua kesalahan kita asalkan kita benar – benar bertaubat dengan sepenuh hati dan ikhlas (Taubatan Nashuha).
Di bulan suci Ramadhan yang akan datang nanti, akan kita dapatkan keberkahan, keutamaan / fadhilah yang luar biasa besar. Mari kita gunakan kesempatan luar biasa yang telah Allah SWT berikan kepada kita untuk memasuki bulan Ramadhan dengan hati yang bersih dan suci serta ikhlas lahir dan bathin. Sungguh Ramadhan adalah bulan terbaik yang pernah ada, yang mana di dalamnya terdapat malam Lailatul Qodar, suatu malam yang terbaik dari seribu bulan. Subhanallah…ketika kita memasuki bulan ramadhan berarti kita berkewajiban untuk berpuasa Ramadhan di dalamnya, bulan yang penuh keberkahan yang mana segala pintu surga telah di buka serta dikuncinya segala pintu neraka dan dibelenggunya seluruh syaithan yang ada.
Puasa…. Rasulullah saw. bersabda, ” Kalau saja manusia tahu apa yang terdapat pada bulan Ramadhan, pastilah mereka berharap Ramadhan itu selama satu tahun.” (Thabrani, Ibnu Khuzaimah, dan Baihaqi)
Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Apabila datang bulan puasa, dibuka pintu-pintu surga dan ditutup pintu-pintu neraka.” (Bukhari dan Muslim)
Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan penuh harap, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Dan barangsiapa yang shalat malam pada bulan puasa, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Bukhari dan Muslim)

Mari kita isi bulan puasa ini / bulan suci Ramadhan ini dengan segala sesuatu ibadah serta amal yang baik lagi berkah yang bermanfaat bagi diri terutama bermanfaat bagi orang lain..Aamiin.
Terlalu banyak hal – hal baik yang bisa kita amalkan atau kerjakan di bulan suci Ramadhan ini selain puasa wajib tentunya, hingga mungkin kita bingung untuk mengerjakan yang mana dulu. Pada intinya yakinkan dalam hati kita dengan niat yang ikhlas dan hati yang bersih, mari kita bersama – sama menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan tahun ini dengan harapan dan tujuan yang jelas bahwa Puasa Ramadhan tahun ini harus jauh
lebih baik dari pada Puasa Ramadhan tahun kemarin. Lebih baik dalam hal apa..?tentunya peningkatan iman, taqwa kita kepada Allah SWT sebagai HablumMinAllah, serta hubungan sosial kemasyarakatan (silaturrahim) sebagai HablumMinannas. Mari kita sucikan hati, bersihkan diri serta luruskan niat dan sempurnakan ikhtiar kita menyambut bulan suci Ramadhan ini yang penuh berkah serta cahaya Ilahi, berikut ini petikan Khutbah Rasulullah SAW menyambut Ramadhan, yang antara lain isinya sebagai berikut :
“Dua perkara yang kamu sangat memerlukannya ialah mohon surga dan perlindungan dari neraka. Barang siapa memberi orang yang berpuasa, niscaya Allah memberi minum kepadanya dari air kolam-KU dengan suatu minuman yang dia tidak merasakan haus lagi sesudahnya, sehingga dia masuk ke dalam surga.” Untuk khutbah lengkapnya Khutbah Rasulullah.zip“>
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 27 other followers

%d bloggers like this: