Posted by: NAFLA | July 27, 2009

PENYEBAB PENYAKIT LEUKEMIA dan PENGOBATANNYA

leukemiaPENYEBAB PENYAKIT LEUKEMIA dan PENGOBATANNYA

Leukemia merupakan bagian dari penyakit kanker, yang mana masyarakat umum menyebutnya dengan nama Kanker Darah itu karena terjadi pada sel – sel darah. Leukemia (kanker darah) adalah jenis penyakit yang menyerang sel – sel darah putih yang diproduksi oleh sumsum tulang (Bone Marrow). Sumsum tulang atau bone marrow ini dalam tubuh manusia memproduksi tiga tipe sel darah yang diantaranya adalah sel darah putih ( yang berfungsi sebagai sistem imun / daya tahan tubuh terhadap infeksi ), sel darah merah ( berfungsi membawa oksigen kedalam tubuh ) dan platelet (bagian kecil sel darah yang membantu proses pembekuan darah ).
Leukemia pada umumnya sudah muncul pada diri seseorang sejak usia dini, dimana sumsum tulang tanpa diketahui dengan jelas penyebabnya telah memproduksi sel darah putih ayng berkembang tidak normal. Secara normal, sel darah putih me-reproduksi ulang bila diperlukan oleh tubuh atau ada tempat bagi sel darah itu sendiri. Tubuh manusia akan memberikan sinyal atau tanda secara teratur apabila sel darah dibutuhkan untuk be-reproduksi kembali.
Pada kasus Leukemia, sel darah putih ternyata tidak merespon terhadap sinyal yang diberikan sehingga produksi berlebihan dan tidak terkontrol dan akhirnya keluar dari sumsum tulang dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Seseorang dengan kondisi seperti ini (Leukemia) akan menunjukkan gejala deperti ini : mudah terkena penyakit infeksi, anemia dan pendarahan.

Leukemia Akut dan Kronis
Leukemia akut ditandai dengan suatu perjalanan penyakit yang sangat cepat, mematikan dan memburuk. Apabila hal ini tidak segera diobati, maka dapat menyebabkan kematian dalam hitungan minggu hingga hari. Sedangkan Leukemia kronis memiliki perjalanan yang tidak begitu cepat sehingga memiliki harapan hidup yang lebih lama, hingga lebih dari 1 tahun.

Jika berdasarkan sel darah putih yang terkena, baik itu Limphoid atau Myeloid, maka Leukemia dibagi menjadi :
1. Leukemia Limfositik akut (LLA), merupakan tipe Leukemia paling sering terjadi pada anak – anak. Tetapi penyakit ini juga terdapat pada dewasa terutama mereka yang telah berusia 65 tahun atau lebih.
2. Leukemia Mielositik Akut (LMA). Ini lebih sering terjadi pada dewasa daripada anak – anak. Tipe ini dahullu disebut Leukemia Nonlimfositik akut.
3. Leukemia Limfositik Kronis (LLK). Orang dewasa yang telah berusia lebih dari 55 tahun lebih sering terkena Leukemia ini, walaupun orang dewasa yang masih muda juga bisa terkena ini. Akan tetapi tipe Leukemia ini hampir tidak pernah terjadi pada anak – anak.
4. Leukemia Mielositik (LMK). Yang ini sering terjadi pada semua orang dewasa dan dapat juga terjadi pada anak – anak tetapi sangat sedikit.

Penyebab Penyakit Leukemia
Walaupun sampai saat ini belum ada / belum ditemukan penyebab utama dari Leukemia ini, akan tetapi ada beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu terjadinya Leukemia pada setiap orang, diantaranya adalah :
a. Radiasi. Hal ini berdasarkan riset pada pegawai Radiologi yang ternyata lebih sering menderita Leukemia. Leukemia ini juga ditemukan pada korban radiasi bom atom di Heroshima dan Nagasaki (Jepang).
b. Leukemogenik. Beberapa zat kimia telah diidentifikasi dapat mempengaruhi frekuensi Leukemia, misalnya racun lingkungan seperti benzena, bahan kimia industri seperti insektisida serta obat – obatan yang digunakan untuk kemoterapi.
c. Herediter. Yang mana penderita Down Syndrom 20% lebih besar akan terkena Leukemia daripada orang normal.
d. Virus. Ada beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan Leukemia, antara lain : retrovirus, virus leukemia feline, HTLV-1 pada dewasa.

Tanda dan Gejala Penyakit Leukemia
Secara umum tanda dan gejala leukemia dapat digambarkan sebagai berikut;
1. Anemia. Penderita akan merasa cepat lelah, pucat dan bernafas cepat (dimana sel darah merah di bawah normal sehingga oksigen dalam tubuh kurang).
2. Pendarahan. Ketika Platelet (sel pembeku darah) tidak terproduksi secara wajar karena didominasi oleh sel darah putih, sehingga menyebabkan penderita akan mengalami pendarahan di jaringan kulit (bisa berup banyaknya jentik merah lebar atau kecil pada jaringan kulit).
3. Terserang Infeksi. Karena sel darah putih tidak bisa berfungsi secara maksimal sebagai pelindung daya tahan tubuh, sehingga tubuh penderita mudah terkena virus/bakteri, bahkan dengan sendirinya mengalami demam, keluar cairan putih dari hidung (meler) dan batuk.
4. Nyeri Tulang dan Persendian. Hal ini disebabkan sebagai akibat dari sumsum tulang mendesak padat oleh sel darah putih.
5. Nyeri Perut. Nyeri perut juga bisa menjadi indikasai gejala Leukemia, dimana sel leukemia dapat terkumpul pada organ ginjal, hati dan empedu yang menyebabkan pembesaran pada organ – organ tubuh dan timbullah nyeri.
6. Pembengkakan Kelenjar Lympa. Yang bisa terjadi di bawah leher, lengan dada dan lainnya. Kelenjar Lympa bertugas menyaring darah, karena tidak berfungsi dengan baik sehingga sel leukemia terkumpul dan mengakibatkan pembengkakan
7. Kesulitan Bernafas (Dyspnea). Penderita mungkin menampakkan gejala kesulitan bernafas dan nyeri dada, apabila hal ini terjadi, maka harus segera mendapatkan pertolongan medis.

Diagnosa Penyakit Leukemia ( Kanker Darah )
Penyakit Leukemia dapat dipastikan dengan beberapa pemeriksaan, diantaranya adalah : Biopsy, pemeriksaaan darah ( Complete Bloood Count (CBC)), CT atau CAT scan, Magnetic Resonance Imaging (MRI), X-ray, Ultrasound, Spinal tap/ lumbar puncture.

Penanganan dan Pengobatan Leukemia
Penanganan kasus Leukemia biasanya berdasarkan gejala – gejala yang muncul seperti yang telah saya sebutkan diatas. Namun secara garis besar, penanganan dan pengobatan Leukemia dapat dilakukan dengan cara single atau gabungan dari beberapa metode dibawah ini :
a. Chemotherapy / intrathecal medications.
b. Therapy Radiasi (metode ini sangat jarang dilakuikan).
c. Transplantasi bone marrow (sumsum tulang).
d. Pemberian obat – obatan tablet dan suntik.
5. Transfusi sel darah merah atau Platelet.

Sedangkan sistem therapi yang sering digunakan adalah kombinasi antara Chemotherapy dan pemberian obat – obatan yang berfokus pada pemberhentian produksi sel darah putih yang tidak normal dalam bone marrow. Selanjutnya adalah penanganan terhadap beberapa gejala dan tanda – tanda yang telah ditampakkan oleh tubuh penderita dengan monitor yang komprehensive. Dan bagi yang membutuhkan file PDFnya, download saja ini Leukemia (dari berbagai sumber)

About these ads

Responses

  1. perkenalkan nma sya wayans..,,

    klau sy bleh ksh srn sebaik nya sich minum obat herbal aja yaitu kulit buah manggis dan daun buah sirsat..,,,etttt jngn lpa minum setiap hri yha……….,,,,,

    mkasich….,,,,,^_^

    • Thanks..info’a sangat bermanfaat
      cara’a donk gan.. :)

  2. Serem juga penyakit leukimia!

    • yah emang suerem.. Tp aa obat tradisionalnya ko.

  3. serem,,,

  4. ada harapan bwt sembuh gag..?

    • Insyaallah ada..coba pakai Transfer Factor http;//winners4lifeindonesia.com
      Sent from BlackBerry® on 3

  5. apa itu transfer factor..?

    • Molekul informasi yg mengajarkan sistim kekebalan tubuh kita cara melihat dan mengenali ancaman dan hal2 yg menjadi penyakit d dlm tubuh dan mengarahkan sistim kekebalan sel2 pembunuh alami untuk menyerang dan melenyapkan sel2 kanker,tumor,bakteri,parasit dll.

      Info http://winners4lifeindonesia.com
      Sent from BlackBerry® on 3

  6. ada obat alami ga ya

    • Transfer Factor ini alami,,,,100% alami sebab di ekstrak dai molekul nanofactor mahkluk hidup…

  7. apa sih yang membedakan penderita kanker stadium,1,2,3

  8. bagaimana cara mencegah penyakit leukimia ?

    • Untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit leukimia adalah dg melalui diri kita sendiri,,
      Dlm tbh kita terdapat dokter pribadi yaitu rangkaian sistim yg ada dlm tubuh kita (sistim imun).
      Transfer Factor merupakan produk terbaik dlm support sistim imun.

      Silahkan berkunjung ke http://winners4lifeindonesia.com
      Sent from BlackBerry® on 3

  9. assalamu’alaikum Wr,Wb

    hidup ialah tak lain dan tak buakan di beri cobaan oleh allah swt.
    kita sebatas hambanya hanya bisa pasrah,berdo’a dan berusaha.
    sesunguhnya allah swt memberi cobaan bukan berarti tak sayang, itu semata karena rasa sayangnya terlalu besar, agar kita hambanya tabah menjalani dan sumerah diri.
    aku mempunyai teman yang aku sayangi, ia mengalami penyakit yang serupa
    sungguh tak ku sangka saat mendengar ceritanya.
    sungguh pilu,saat lagi mendengar ia hampir putus asa dengan keadaan’ dan sudah di fonis oleh dokter selama 3 bulan. (hu’allah hu’alam)
    malam ini tepatnya hari minggu 10-02-13′ selekas selsai kelas malam ku antar ia pulang ke kediamnya.. ia kembali masuk ke rumah sakit kawasan DKI untuk kesian kalinya..

    SEMOGA EUNGKAU BAIK-BAIK SAJA KAWAN BAIKU.
    di sini aku mendo’akanmu.

    to: mayhesa

  10. I like

    • Cara mengatasinya gimana?

  11. temenku ada yg punya kelenjar di samping leher sama ginjal kiri , pernah sakit kalo dipegang , kalo itu bisa disebut leukimia ?

  12. Pacar saya jg sama gejala dan ciri2 na dgn yang ada di artikel diatas mas.

    Dan masih belum pasti dia trkena Leukimia sampai Hasil Lab na keluar.

    Prtanyaan saaya apa Obat yang cocok buat penderita Penyakit ini mas?

    dan apa2 aja kandungan serta manfaat dari obat yg mas tawarkan dari >> http://winners4lifeindonesia.com/ <<

    • Dear Christian,
      yg sy tawarkan ini bukan Vitamin, Mineral, Herbal, Enzym, Kolostrum, Hormon, Steroid, Cell Food, Obat, Batu Energi, Magnet, Juice yang dispesialisasi ataupun SUPPLEMEN LAIN YANG ANDA KENAL SAAT INI.

      Transfer factor adalah molekul INFORMASI yg mengajarkan sistem kekebalan tubuh kita cara melihat dan mengenali ancaman dan hal hal yg menjadi penyakit didalam tubuh dam mengarahkan sistem kekebalan sel sel pembunuh alami untuk menyerang dan meleyapkan sel KANKER, VIRUS, BAKTERI, PARASIT dan Penyakit2 lainya.

      Informasi selengkapnya lihat di : http://winners4lifeindonesia.com/tentang-transfer-factor.html

      bisa sms/call/chat/bb di:
      0812 3022 9824 / 0856 4864 4647
      Pin BB 286A8A29
      whatsapp 089618143733

  13. penyakit leo kimia trnyata mengeriakn yaaaa.

  14. Mau tanya klo cara pendonoran bs g?dn yg d donor apany?biar cepet smbuh kasian adik kecil sya.

  15. saya terkena leukimia apakah ada obat nya selain chemoteraphy ?

    • Kepada saudara indri,
      saya sarankan anda untuk mecoba TRANSFER FACTOR,
      bagus low buat masalah leukemia.

      info transfer factor bisa ke saya:
      mas ali 0812 3022 9824 /0856 4864 4647
      Pin BB 286A8A29

  16. Apa solusinya untuk seorang yang sakit leukimia di stadium akhir dan sudah tidak bisa ngapa ngapain hanya bisa berkedip dan ngomong se kata?

  17. Saya menjalani terapi,yg disebut CHEMOTERAPHY,tp sy tdk tau penyakit yg menyerang sy,apa mungkin itu Leukimia??

    • Emg udh di cek ke rs ?

  18. Hmm bsa smpe meninggal ya , serem

  19. Kesehatan kita dipengaruhi langsung oleh Sistem Imun / Sistem Kekebalan Tubuh. Sistem Imun adalah sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit. Sebuah sistem dalam tubuh kita yang memiliki peran vital bagi kelangsungan hidup kita.

    Sistem imun yang sehat adalah sistem imun yang seimbang yang bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan penyakit.

    http://winners4lifeindonesia.com/tentang-transfer-factor.html

  20. infonya sangat bermanfaat. thx.
    sy jadi tau bgaimana leukimia menyerang tubuh. krna baru kemarin sepupu sy mninggal gara” penyakit ini ..

  21. Sudah sering Check-up k’RS,
    Malah kemarin habis d’CT scan,tapi orang tua gk mau beri penjelasan.

  22. Buat yg terkena penyakit in,,kalian jgn mudah putus asa yah!!
    Terus berdoa kpd Tuhan,,,

  23. Saya punya penyakit anemia. Tapi apa bisa sakit anemia jadi leukemia?;-(

    • Saya juga pnya penyakit anemia. Apakah pnyakit anemia bsa mnyebabkan leukimia juga yaa ?

  24. teman saya juga terkena Leukemia (kanker darah) kini kita cuma bisa berdo’a dan berusaha, karena kita yakin Allah tidak akan memberi cobaan pada hambanya selagi kita tidak mampu, kini sedang dalam perawatan di singapura. do’anya ya!
    sebelumnya makasih….

  25. thank’s ni mnmbah pngetahuan sya dan mmbantu mngrjakan tugas skolah sya.:)

  26. penyakit Leokimia mematikan ugac ,. Aqk takut , apa aqk ugac terkena ?,. di salah satu sebb.a ithu, aq ugac mengalami.

  27. dok saya mau nanya, saya udah 6 blan lebih mengalami kanker darah, tiap saya kesakitan.sering mimisan, demam, skit bdan sering pusing bahkan di siang hari saya merasa dingin.. apakah pnyakit ini akan sembuh

  28. ini adik saya mungkin terkena leokimia,gejalanya jg hampir sm prsis dngn yg di tulis d atas..
    tp soal pendarahan baru satu kali ini.gmana menurut anda,mohon ats rekomendasinya segera,dan apa kemungkinannya.
    terimakasih

  29. Seperti nya itu gejala yang sekarang saya alami ;(

  30. Makasih info nya,sangat bermanfaat skali..

  31. info nya sangat bermanfaat

  32. dok saya ibu rumah tangga yang baru saja melahirkan tetapi dokter yang menangani anak saya mengatakan terdapat kelainan darah dalam tubuh anak saya yaitu sel darah putih lebih banyak dibanding sel darah merah sehingga harus dirawat tak lama kemudian dalam 3 hari anak saya meninggal dunia yang saya ingin tanyakan apakah anak saya terkena leukemia dan apabila saya hamil lagi anak saya akan terkena penyakit yang sama dan apakah saya sebagai ibunya juga mengidap penyakit tersebut mohon penjelasannya ya dok.
    terima kasih.

  33. Ouhhh


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 28 other followers

%d bloggers like this: